Informasi dan tips seputar kesehatan anda

Thursday, May 16, 2013

On 6:33 AM by Unknown in    1 comment

info sehat
Masih merasa seperti zombie bahkan setelah delapan jam tidur? Aktivitas yang padat dan tidak teraturnya pola makan bisa menjadi alasan Anda mudah mengantuk dan cepat merasa lelah.
Namun tak hanya jadwal yang sibuk yang bisa Anda salahkan atas keluhan ini. Di bawah ini adalah beberapa alasan Anda sering merasa lelah.
Kekurangan Vitamin B12
Vitamin B12 membantu menjaga energi dengan meningkatkan tingkat oksigen dalam sel darah merah. Bila kekurangan vitamin B12, Anda bisa tersiksa dengan pandangan kabur, mengantuk dan bahkan sembelit.
Jika dibiarkan dan tidak diobati, dapat menyebabkan masalah memori dan kebingungan. Konsumsi suplemen dan lebih banyak daging dan susu dapat membantu menormalkan kondisi ini dan membuat Anda lebih berenergi.
Konsumsi obat-obatan tertentu
Salah satu penyebab kelelahan adalah efek samping dari resep obat seperti antihistamin, beta bloker, antidepresan tertentu dan obat tekanan darah.
Orang bereaksi secara berbeda terhadap obat-obatan, sehingga bahkan jika ada obat yang ditandai “tidak menyebabkan kantuk” masih bisa membuat Anda lelah. Untuk mengatasi ini, selalu konsultasikan dengan dokter dan apoteker sebelum beralih atau menghentikan pengobatan.
Kekurangan Vitamin D
Sejak meningkatnya kasus kanker kulit, banyak orang yang menghindari matahari, dan sebagai gantinya, mereka merusak kadar vitamin D dalam tubuh. Vitamin D diproduksi oleh tubuh saat terpapar sinar matahari, dan kekurangan vitamin D tidak hanya menyebabkan kelelahan, tapi juga gejala seperti nyeri dada dan tekanan darah tinggi.
Anda juga dapat mengonsumsi ikan dan telur, serta suplemen yang mengandung setidaknya 800 IU vitamin D .
Depresi
Salah satu indikator paling umum dari depresi adalah kelelahan. Jika Anda merasa sedih, stres atau cemas, konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan mental. Ada beberapa cara alami untuk melawan depresi, seperti olahraga dan konsumsu suplemen. Terapi juga telah terbukti memperbaiki gejala depresi.
Sleep Apnea
Anda mungkin berpikir Anda sudah cukup tidur di malam hari, tapi Anda mungkin tidak tahu bahwa Anda telah berhenti bernapas beberapa kali sepanjang malam karena sleep apnea. Kondisi ini menyebabkan Anda terbangun setiap kali Anda berhenti bernapas, yang bisa terjadi ratusan kali dalam rentang delapan jam, dan membuat Anda lesu di pagi hari.
Menurunkan berat badan dan berhenti merokok telah terbukti menjadi cara untuk memerangi sleep apnea.
Melewatkan Sarapan
Melewatkan sarapan untuk alasan apapun dapat menurunkan tingkat energi Anda. Tubuh butuh hal bahan bakar pertama di pagi hari untuk menjaga kestabilan metabolisme dan gula darah. Usahakan untuk selalu sarapan dengan protein dan karbohidrat.
Terlalu Banyak Kafein
Kafein dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, tapi terlalu banyak juga dapat menyebabkan efek samping yang parah. Batasi konsumsi minuman berkafein sehari dan jangan bergantung pada minuman ini untuk mendapatkan energi.
Dehidrasi
Dehidrasi hanya akan membuat Anda cepat lelah. Minumlah setidaknya 1 liter air per hari dan bahkan lebih jika Anda akan berpartisipasi dalam kegiatan fisik atau menghabiskan waktu di luar rumah.
Alergi Makanan
Jika Anda merasa lelah segera setelah makan, mungkin Anda alergi. Gluten adalah elemen yang umum ditemukan di berbagai jenis roti, pasta, dan makanan ringan lain yang dapat menyebabkan kelelahan pada mereka yang alergi.
Anda bisa meminta dokter Anda untuk melakukan tes alergi makanan, atau Anda bisa mencoba untuk tidak mengonsumsi makanan tertentu dan lihat apakah gejalanya hilang atau tidak.

By:Liyashady at:zoom-indonesia.com

1 comment: