Informasi dan tips seputar kesehatan anda

Thursday, May 16, 2013

On 6:31 AM by Unknown in    No comments

info sehat
Dikonsumsi sejak 4000 tahun silam, bijian yang banyak ditemukan di Amerika Utara ini semakin populer dalam pembicaraan tentang gizi akhir-akhir ini dan sudah banyak dijual di pasar swalayan besar.
Quinoa adalah bijian sejenis tanaman rumput yang kecil bulat dan berkulit agak keras serta berwarna cokelat muda hingga kemerahan.
Quinoa mengandung asam lemak esensial lysine dan kalsium, fosfor dan zat besi. Dan kini sudah saatnya Anda tahu berbagai manfaat quinoa bagi kesehatan.
1. Sumber fiber
Berlawanan dengan kepercayaan populer, quinoa bukanlah sereal. Bijian ini lebih tepat bila disebut ‘keluarga’ bayam. Oleh karena itu, quinoa menyediakan sejumlah serat yang membantu pencernaan dan mencegah sembelit.
2. Sumber protein
Quinoa adalah sumber kaya protein yang berkualitas baik. Protein yang ditawarkan meliputi sembilan asam amino esensial yang membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh Anda.
3. Membantu menjaga kadar gula darah
Quinoa mengandung karbohidrat kompleks yang dianggap sebagai karbohidrat baik karena tidak secara tiba-tiba meningkatkan kadar gula dalam darah Anda. Dan justru membantu mempertahankan kadar gula darah.
4. Baik untuk jantung dan pembuluh darah
Makanan sehat ini merupakan sumber magnesium yang baik, mineral penting yang diperlukan untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.
5. Sumber Riboflavin
Quinoa adalah sumber Riboflavin, vitamin B12 yang sangat penting untuk menjaga kesehatan.
6. Kaya mineral
Quinoa mengandung banyak mangan dan tembaga, mineral penting berupa antioksidan yang membantu tubuh Anda tetap sehat.
7. Gluten free
Quinoa adalah produk gluten free, yang merupakan alternatif bagi orang-orang yang alergi terhadap gluten.
8. Membantu mengurangi kadar kolesterol
Quinoa mengandung nutrisi yang membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan karenanya dianggap baik untuk jantung.
9. Sumber kalsium
Selain merupakan sumber yang baik dari protein, quinoa juga merupakan sumber kalsium yang baik. Kualitas proteinnya hampir setara dengan ASI. Ini membuat quinoa baik bagi tulang Anda, terutama para wanita karena rentan terhadap osteoporosis.
10. Membantu mengurangi berat badan
Karena karbohidrat kompleks dan kandungan seratnya, quinoa sangat ideal untuk orang-orang yang sedang menjalani program diet dan ingin mengurangi berat badan ataupun yang ingin mempertahankan berat badan yang sehat.
Terlebih lagi, quinoa juga dikenal sebagai antiseptik yang baik.
Quinoa bisa dijadikan campuran salad, sup atau hidangan lainnya. Untuk mengolahnya, rebus quinoa yang sudah dicuci dan ditiriskan. Kemudian beri sedikit garam hingga lunak.

By:Liyashady at:zoom-indonesia.com

0 comments:

Post a Comment