Informasi dan tips seputar kesehatan anda

Friday, May 17, 2013

On 9:29 PM by Unknown in    No comments

informasi kesehatan
Anda terlalu lama beraktivitas dibawah sinar matahari atau sengaja berjemur di pantai, namun malah mendapatkan kulit yang lecet, kemerahan dan ruam? 
Anda mungkin berpikir bahwa Anda makan sesuatu yang salah, tapi itu mungkin alergi matahariatau bahkan dermatitis (peradangan hebat yang menyebabkan pembentukan lepuh atau gelembung kecil pada kulit). 
Gejala alergi matahari
Seperti alergi lain, ini adalah reaksi dari sistem kekebalan tubuh untuk stimulus eksternal. Gejala umumnya termasuk kemerahan, gatal, ruam, sampai pembengkakan pada kasus berat seperti pembengkakan selaput lendir. Gejala-gejala ini dapat berkembang hanya beberapa menit setelah kulit bertemu sinar matahari. 
Orang dengan jenis kulit ringan, khususnya perempuan dan anak muda, yang belum memiliki sistem kekebalan yang kuat, adalah yang cenderung mengalami alergi matahari. Bahkan, ada bukti kuat alergi ini dapat diwariskan oleh gen. 
Penyebab alergi matahari
Kulit kemerahan, gatal-gatal dan lecet ini adalah konsekuensi dari interaksi sinar matahari dengan faktor lainnya, terutama produk kosmetik, tabir surya dan bahkan partikel kecil dari serbuk sari tanaman berbunga. Alergi matahari bisa dipicu oleh penyakit serius seperti hepatitis dan sirosis hati, gangguan sistem kekebalan tubuh, penyakit darah, serta penggunaan jangka panjang obat-obatan tertentu seperti antibiotik, barbiturat, atau kontrasepsi oral. 
Pengobatan alergi matahari
Dalam kasus serius, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan meresepkan antihistamin dan agen hormonal, bila perlu. Bila tidak berhasil, sesi fototerapi harus dilakukan. 
Bila penyebab lain pada penggunaan produk kosmetik dan obat-obatan berhasil diidentifikasi, cara paling efektif adalah menghentikan penggunaan produk atau obat yang menyebabkan reaksi alergi tersebut. 
Mencegah alergi matahari
Ada beberapa cara pencegahan untuk mengurangi risiko alergi matahari.
  • Gunakan pelindung kulit dengan tingkat perlindungan yang tinggi dan jangan ragu berkonsultasi dengan dokter kulit tentang keamanannya.
  • Bila ingin berjemur di pantai, berjemurlah di tempat teduh.
  • Memakai pakaian warna terang, atau memakai topi, celana dan kemeja lengan panjang.

By:Liyashady at:zoom-indonesia.com

0 comments:

Post a Comment