Informasi dan tips seputar kesehatan anda

Friday, May 17, 2013

On 9:25 PM by Unknown in    No comments

informasi kesehatan
Apakah Anda penggemarmakanan pedas, sehingga tak selera makan bila tak ada sambal atau makanan pedas? Jenis makanan yang satu ini memang sangat sulit dihindari.
Namun apa yang terjadi pada tubuh bila Anda sering makan makanan pedas? Dan bagaimanakah pendapat para ahli tentang makanan pedas?
Dilansir dari IndiaTimes, Dr. SK Thakur, seorang gastroenterologist dari Moolchand Medcity, India, mengatakan bahwa bumbu pedas memang dapat menimbulkan selera makan tertentu. Namun perlu disadari, makanan pedas bisa menyebabkan iritasi pada pencernaan, karena peningkatan asam lambung.
Dan konsumsi makanan pedas yang berlebihan bahkan bisa menyebabkan beberapa penyakit lain, diantaranya:
Meningkatnya asam lambung
Asam bertemu asam. Inilah yang terjadi saat makanan pedas diproses dalam pencernaan. Karena pada dasarnya, makanan asam adalah kombinasi dari asam.
Gangguan lambung akut
Bila asam lambung terus meningkat, akan terjadi peradangan dan gangguan lambung. Pada tingkat lanjut, akan muncul beberapa gejala seperti mual, muntah, demam, diare, sakit kepala, dan bahkan muntah darah.
Radang Lambung
Pada fase ini, dinding lambung sudah sangat terluka. Di beberapa kasus, lambung bahkan akan mengeluarkan nanah dan terasa sangat sakit. Gejala radang ini berupa rasa terbakar di lambung, mual, muntah dan penurunan berat badan yang drastis.
Sulit Tidur
Makanan pedas meningkatkan temperatur tubuh, sehingga membuat Anda merasa tak nyaman, resah dan kepanasan ketika akan tidur.
Kehilangan selera makan
Selera makan Anda akan menjadi tidak teratur karena ‘tergantung’ pada makanan pedas.
Para ahli menyarankan konsumsi makanan pedas dibatasi 3 - 4 kali dalam satu minggu. Dianjurkan pula agar mengonsumsi makanan pedas di menu utama pada siang hari, ketika tubuh masih butuh energi untuk bergerak.
Selain itu, setelah makan makanan pedas, dianjurkan untuk minum susu atau air kelapa muda untuk menetralisir kadar asam dalam lambung.

By:Liyashady at:zoom-indonesia.com

0 comments:

Post a Comment